Makna kekayaan jiwa menurut Ibnu Qoyyim

kata mutiara-kata kata bijak-kata kata indah-kekayaan hakiki adalah kekayaan jiwa

Kekayaan jwa menurut Ibnu Qoyyim adalah keistiqomahan dan konsistensi jiwa diatas hal yang disenangi, bersih dari ambisi kepantingan duniawiyah dan keterbebasan diri dari sikap riya.

Orang yang demikian akan merasakan kenikmatan jiwa berupa kesenangan, kebahagiaan dan kegembiraannya dikala melaksanakan penghambaan (ubudiyyah) kepada Allah SWT. Sesuai sabda Nabi :

Sabda Nabi Saw : ”Tiga hal dari dunia kalian ini menjadi kesukaanku (kecintaanku), kaum wanita, wangi-wangian dan kesejukkan mataku ketika shalat.” 

Kesukaan terhadap wanita dan wangi-wangian dan kesejukan mataku dalam shalat Nabi Saw adalah sebagai wujud kebahagiaan dan kegembiraan hati yang dalam hal ini disebut “Quratul Ain”.

Khusus dalam shalat, Nabi Saw bersabda kepada Bilal:”Wahai bilal, rilekskan kami dengan shalat”

Terjadi pergeseran dari tingkatan mahabbah (cinta)  menjadi quratul ain dan dengan itu tabiat berubah karena hati akan menjadi kaya dan berkecukupan dengan limpahan nur Al Haq SWT.

Efek nur ini akan mengalir pada panca indra melalu pendengaran penglihatan dan raganya berupa rambutnya, kulitnya, dagingnya, darahnya dan segenap persendiaan.

Tidak itu saja nur akan memancar atas ruang dari atasnya, bawahnya, kananya, kirinya, belakangnya dan depannya sehingga amal perbuatan dan perkataannya menjadi nur. Dan kala wafat dan dibangkitkan, maka ia termasuk golongan yang disempurnakan nurnya sehingga mudah bagi dirinya untuk kembali kepadaNya.

Jiwa yang demikian inilah yang disebut kaya, tidak memiliki ambisi dan wujudnya sikap keengganan melakukan hal-hal yang dilarang dan dimurkaiNya. Sebaliknya jiwa yang fakir dengan sikap jiwa yang mengabaikan hal hal yang diperintahkan kepadanya sehingga lebih memperturutkan syahwatnya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s