Pandangan Gusdur terhadap sesama

Sejumlah-Tokoh-Hadiri-Haul-Gus-Dur-ke-6-Jakarta-Yoppy-Renato-02

Pandangan Gusdur ini diperoleh dari percakapan yang diunggah dalam memperingati haul Gusdur yang ke 6 berikut ini :

Gus Dur : Kamu mau tahu rahasia hidup saya dalam memandang segala sesuatunya?

Mughni : Tentu Gus, saya ingin tahu rahasia panjenengan

Gus Dur : Dalam memandang sesuatu gunakanlah mata Allah

Mughni : Waduh bagaimana contohnya?.

Gus Dur : Contohnya begini, ketika saya didatangi banyak orang yang meminta perlindungan apakah orang itu benar atau salah, saya terima semuanya dengan lapang dada, karena apa?

Saya selalu yakin, Allahlah yang menggerakkan hati mereka untuk datang ke saya. Jika saya tolak karena mereka bersalah, itu sama saja saya menolak kehendak Allah. Perlindungan saya kepada orang-orang yang disudutkan karena kesalahan itu, bukanlah bentuk bahwa saya melindungi kesalahannya, tapi saya melindungi kemanusiaannya”.

Mughni : Duh…”

Gus Dur : Lebih jauhnya begini. Jika kamu membenci orang karena dia tidak bisa membaca Al Quran, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tetapi Al Quran. Jika kamu memusuhi orang yang berbeda agama dengan kamu, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tapi agama.

Jika kamu menjauhi orang yang melanggar moral, berarti yang kamu pertuhankan bukan Allah tetapi moral. Pertuhankanlah Allah bukan yang lainnya. Dan pembuktian bahwa kamu mempertuhankan Allah, kamu harus menerima semua makhluk, karena begitulah Allah .”

Mughni : Ya Allah

Wallahu a’lam

 

 

Leave a Reply

