Syekh Kholil: Hadapi semua masalah dengan Istighfar

wanita-muslimah-sedang-berdoa-jangan-berhenti-berdoa

Konon suatu hari Syekh Kholil Bangkalan kedatangan 3 tamu yang menghadap secara bersamaan. Kemudian, ia bertanya kepada tamu pertama.’ Sampeyan ada keperluan apa?

Sang tamu itu menjawab : Saya pedagang kyai, tetapi hasil tidak didapat, malah rugi terus menerus.” “Jika kamu ingin berhasil dalam berdagang perbanyak baca istighfar .” di jawab oleh Shekh Kholil.

Selanjutnya shekh Kholil bertanya kepada tamu kedua. ” Sampeyan ada keperluan apa.? “Saya sudah berkeluarga 18 tahun, tetapi saat ini masih belum dikaruniai keturunan ” jawab sang tamu. Setelah memandang tamu itu, syekh Bangkalan itu kemudian menjawab .” Jika kamu ingin punya keturunan, perbanyak baca istighfar .”

Kini tiba giliran tamu yang ketiga. Syekh Kholil menanyakan pertanyaan yang sama .”Sampeyan ada keperluan apa?. “Saya usaha tani, kyai, makin hari utang saya makin banyak, saya tak mampu membayarnya.”

Syekh Kholil lagi lagi menjawab dengan jawaban yang sama seperti yang diberikan kedua tamu sebelumnya. “Jika kamu ingin berhasil dan mampu melunasi utangmu, perbanyak baca istighfar”

Selanjutnya beberapa santri Syekh Kholil yang melihat peristiwa itu menjadi heran. Masalah yang berbeda, tetapi jawabannya sama, resep yang sama yaitu untuk memperbanyak membaca istighfar. Melihat keheranan santrinya syekh Kholil paham, maka dipanggilah mereka, lalu Syekh Kholil berkata: “Aku tidaklah mengatakan hal itu dari diriku sendiri, tetapi sungguh Allah SWT telah berfirman :

Mohon ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah maha Pengampun, Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula didalamnya untukmu sungai-sungai (Nuh : 10-12)

Wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s