Doa makbul seorang tukang becak

tukang_becak_by_hnnfrzslsbl-d6hrshd

Ini ada kisah seorang tukang becak meski bacaannya keliru, tetapi doanya itu diijabah oleh Allah. Kisah ini disampaikan oleh Prof Mahfud MD sebagai berikut :

Pada awal Ramadan, empat tahun yang lalu pada ceramah malam pertama tarawih yang diberikan beliau saat masih menjadi ketua MK. Ceritanya adalah mengenai seorang tukang becak yang sanggup menyekolahkan anak-anaknya hingga menjadi sarjana. Diatas kertas hal ini muskil menilik penghasilan seorang tukang becak. Namun hal muskil itu terlampaui.

Hal ini membuat penasaran seorang Mahfud MD kala itu. “bagaimana  bisa bapak sanggup melakukan semua itu, apa yang sudah bapak lakukan untuk anak2” kurang lebih begitulah pertanyaan beliau kepada laki-laki itu.

Dengan bahasa jawa halus lelaki itu menjawab dengan tenang. ” Saya hanya menjalankan pekerjaan saya sebaik-baiknya pak. ”  Mosok hanya itu pak ?. Mahfud masih penasaran, Ia berharap ada rahasia lain yang disimpan oleh laki-laki itu.

Karena didesak dengan wajah malu-malu akhirya lelaki itu menjawab. ” Sejak masih muda, saya rutin mengamalkan sebuah doa pak ” ujarnya . Wah doa apa itu? Mahfud jadi kian penasaran.

“Nganu pak, doanya cuma pendek saja. Lha wong saya saja tidak banyak belajar agama”. aku si laki-laki pengayuh becak itu sambil tersipu. Panjang dan pendeknya doa itu tidak masalah. pak. Wah. tapi doanya bagaimana ya pak? Tambah Mahfud makin penasaran.

Setiap kali mengayuh becak, pada setiap kayuhan  saya membaca La wala wala kuwata, nggih mung mekaten (iya cuma itu saja)” ujar si pengayuh becak. Kali ini raut mukanya penuh kebanggaan. Mahfud MD kontan tercenung. Sebagai lulusan pondok, ia tau bahwa yang dimaksud laki-laki itu adalah bacaan Hauqalah dengan lafadznya La haula wa quwata illa billah (Tiada daya upaya kecuali karena Allah )

Hanya karena  lelaki tua itu tidak pernah belajar mengaji, maka ia hanya mengingat bacaan itu dan melafadzkan semampunya  sesuai yang ia dengar. Tapi bayangkan, sungguh Allah memang Maha Pemurah dan Maha Pengasih, Ujar Mahfud. “Bahkan sebuah dzikir yang kelirupun di ijabah oleh Nya. Kelakar mahfud dalam ceramahnya.

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s