Cara Hatim Al Asham menjaga perasaan wanita

Muslim_girl

Hatim al-asham adalah orang yang sangat sopan dan jg dermawan. Ini adalah kisahnya bagaimana santunnya seorang Hatim Al Asham menjaga perasaan seorang wanita agar tidak malu dengan kebiasaan jelek yang dimilikinya.

Pada suatu hari datanglah seorang wanita kepadanya untuk meminta sesuatu. Tanpa disengaja, wanita itu telah mengeluarkan kentut dg sedikit keras dihadapan Hatim Al Asham, maka wanita itupun menjadi salah tingkah, tetapi Hatim Al Asham adalah org yg baik, ia mengerti bagaimana perasaan wanita, tentu wanita ini sangat malu dengan suara kentutnya yg lumayan keras, jadi Hatim pura-pura tdk mendengar kentut wanita itu.

Hatim Al Asham berkata : “hai, keraskanlah suaramu, karena aku tdk mendengar apa yg kamu bicarakan”, Hatim berpura-pura tuli agar wanita itu menyangka bahwa Hatim tidak mendengar kentutnya yg membuat dirinya malu itu, kemudian wanita itu pun mengulangi ucapannya dgn agak keras dan Hatim pun menjawabnya dg suara agak keras pula.

Setelah urusan mereka beres, wanita itu pulang dgn gembira dan ia tidak malu lagi dgn suara kentutnya karena ia sudah pastikan bahwa Hatim Al Asham tidak mendengarnya.
Semenjak peristiwa itu, dan sampai 15 tahun selama wanita itu masih hidup, Hatim Al Asham selalu berpura-pura tuli, dan slama itu pula tidak ada seorangpun yg menceritakan kepada wanita itu bahwa sebenarnya pendengaran Hatim Al Asham masih normal selayaknya orang lain.

Sungguh begitu baik budi pekerti Hatim, sehingga ia rela untuk berpura-pura selama 15 tahun demi menjaga nama baik dan perasaan wanita itu.

Setelah wanita itu meninggal dunia, Hatim Al Asham sudah tdk berpura-pura tuli, jika ditanya orang lain, dia dapat menjawabnya dgn mudah, tetapi ia selalu mengatakan : “berbicaralah yg keras!”, kata-kata itu sudah menjadi kebiasaannya, karena sudah 15 tahun lamanya ia selalu mengucapkan hal itu kepada siapa saja yg menjadi lawan bicaranya.

Semenjak peristiwa itu, maka Hatim diberi gelar AL ASHAM yg artinya si tuli.

Diambil dari http://ummamah-the0ne.blogspot.co.id/2010/09/kisah-hatim-al-asham.html)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s