Al Quran adalah obat segala penyakit

original

Dari kitab Al Jawabul Kafi  Ibnu Qayyim Al-Jauziyah disebutkan bahwa segala penyakit ada obatnya.

Dalam shahih al Bukhari, dari Abu Hurairah Ra,

Nabi Saw bersabda: Allah tidak menurunkan suatu penyakit kecuali juga menurunkan obatnya.

Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah bahwa

Rasulullah Saw bersabda: Setiap penyakit ada obatnya, jika diberikan obat yang tepat, dengan izin Allah, tentu penyakit itu akan sembuh.

Dalam musnad Imam Ahmad, dari usamah bin Syuraik,

Nabi Saw bersabda.” Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit kecuali juga menurunkan obatnya. Ada yang mengetahuinya.

Dalam riwayat lain disebutkan. ” Allah tidak menciptakan penyakit, melainkan dia menciptakan obatnya, kecuali satu penyakit.”para sahabt kemudian bertanya. ‘ penyakit apa itu wahai Rasulullah?.” Beliau menjawab’ Usia tua” (HR Tirmidzi)

Allah SWT telah menerangkan bahwa Al Quran adalah penyembuh,

Allah berfirman : Dan jika kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam selain bahasa arab, tentulah mereka mengatakan : Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya? apakah patut Al Quran dalam bahasa asing, sedang Rasul adalah orang arab? Katakanlah Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang beriman (QS Fushilat 41:44)

dalam ayat lainnya:

Firman Allah.” Dan kami turunkan Al Quran sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang orang beriman, dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang orang zhalim selain kerugian (QS Al Isra 17:82)

Lafadz min yang berarti dari pada ayat diatas menerangkan jenis, tidak menunjukkan makna sebagian . Keseluruhan dari Al Quran adalah penyembuh sebagaimana telah diterangkan pada ayat-ayat lainnya. Sesungguhnya Al Quran adalah obat penyembuh hati dari penyakit bodoh, ragu ragu dan bimbang.

Allah tidak menurunkan obat penyembuh yang lebih mencakup keseluruhan segala penyakit, lebih bermanfaat dan lebih manjur dalam menghilangkan penyakit daripada Al Quran.

Senada dengan itu surat Yunus ayat 57-58 menyatakan sebagai berikut :

Firman Allah : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.

Wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s