Mengenal Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi

Syaikh-Ahmad-Khatib-Al-Minangkabawi

Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi adalah salah satu ulama tanah air yang pernah menjadi imam, khatib dan guru besar di masjidil Haram.

Syekh Khatib lahir di Koto Tuo, Kenagarian Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek Candung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya hari Senin, 6 Dzulhijjah 1276 H (26 Mei 1860 M) dan wafat di Makkah hari Senin, 8 Jumadil Awal 1334 H (1916 M) dalam usia 56 tahun.

Nasab

Ayahnya bernama Syekh Imam Abdullah di Koto Gadang Bukit Tinggi. Sementara kakeknya adalah ulama besar di koto gadang dan dijuluki sebagai Khatib Nagari melekat dibelakang namanya. Ayahnya sendiri bersaudara seayah dengan ayahnya Agus Salim, Sutan Muhammad Salim.

Sedangkan ibunya bernama Limbak Uray yang merupakan puteri pejuang paderi yang terkenal bernama Tuanku Rancak Bana. Ibu dari Limbak Uray atau nenek beliau bernama siti Zainab adalah anak dari Bagindo Khatib. Dari Nasab itu jelas bahwa beliau adalah keturunan dari ulama hebat baik dari sisi ayah dan ibunya.

Beliau menikah dengan Khadijah, putri dari Shalih Al Kurdi dan dikarunia seorang putera bernama Abdul Karim (1300-1357H) , Istri beliau wafat pada usia muda dan Syekh Amad Khatib kemudian menikah lagi dengan Fatimah, adik dari Khadijah.

Dari Fatimah ini beliau mendapat 2 putra yang terkenal di tanah arab yaitu Abdul Malik, ketua redaksi koran al Qiblah yang berkedudukan di Jordan dan Hamid Al Khatib ahli adab dan penyair kenamaan sebagai pengajar di Masjidil Haram dan Duta Besar Saudi untuk Pakistan.

Menuntut Ilmu

Syekh Ahmad Khatib mengenyam pendidikan dasar dan lanjutan di sekolah Raja atau Kweel School dan tamat pada tahun 1871. Sementara itu pendidikan agama diperolehnya melalui bimbingan langsung oleh ayahnya Syekh Abdul Latif. Umur 11 tahun beliau diajak ayahnya menunaikan ibadah haji di Mekah.

Di Mekah beliau berkesempatan untuk memperdalam ilmu agama, ia belajar dengan :

  1. Sayyid Umar bin Muhammad bin Mahmud Syatha Al Makki Asy-Syafii (1259-1330 H)
  2. Sayyid Utsman bin Muhammad Syatha al Makki asy Syafi’i (1263-1295 H)
  3. Sayyid Bakri bin Muhammad Zainul Abidi Syaitha ad-Dimyathi al Makki asy-Syafi’i (1266-1310 H)
  4. Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan (wafat 1304)
  5. Yahya al Qalyubi dan
  6. Muhammad Shalih Al Kurdi

Menurut penuturan ulama tanah air sezamannya Syekh Umar Abdul Jabbar mengatakan bahwa beliau dalah murid teladan, selalu bersemangat, bersungguh sungguh dan tekun dalam menuntut ilmu. Beberapa ilmu penting lainnya diperoleh dalam beliau menuntut ilmu seperti ilmu pasti, matematika, aljabar, geometri, ilmu perbandingan, teknik, pembagian waris, ilmu miqat dan mampu menulis ilmu ilmu itu tanpa guru (otodidak).

Dengan kepandaiannya itu beliau juga mendapat murid dari beberapa ulama tanah air seperti :

  1. Syekh Abdul Karim bin Amrullah, ayah Buya Hamka
  2. Muhammad Darwis atau KH Ahmad Dahlan
  3. KH Hasyim Asy’ari
  4. Syekh Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad Afif al Banjari
  5. Syekh Abdul Halim Majalengka
  6. dan beberapa ulama terkenal di sumatera.

Sumbangan dan pemikirannya

Syekh Ahmad Khatib adalah seorang ulama yang banyak menguasai berbagai bidang ilmu dan dengan itu beliau memiliki pemikiran yang sangat luas.  Beliau juga sebagai ulama pembaharu dan menentang adat minangkabau yang dinilainya bertentangan dengan ajaran Islam, khususnya tentang hukum waris yang berdasarkan matrilineal.

Karya karya beliau sangat banyak diterbitkan dalam bahasa Arab dan bahasa melayu. Karya dan pemikirannya beliau itu berpengaruh terhadap perkembangan peradaban Islam di Tanah air. Organisasi Islam juga berkembang melalui didikan beliau kepada   ulama besar seperti KH Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah dan KH Hasyim Asy-ari melalui NU dan Syekh Muhammad Jamil Jaho melalui PERTI

(diambil dari buku Biografi Ulama Nusantara Ustadz Riziem Aizid)

Wallahu a’lam

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s