Kisah Pemuda yang mendapat jodoh karena urung mencuri

muslimah-arab

Di Damascus ada sebuah mesjid besar bernama At Taubah. Sejak tujuh puluh tahun mesjid ini selalu menjadi tempat mengajarkan ilmu yang dilakukan seorang sheikh yang alim.   Ia sangat dikenal dengan kefakirannya, kemuliaan hatinya, sangat menahan diri untuk meminta dan pengabdiannya yang tinggi bagi orang lain. 

Suatu ketika ada pemuda yang menginap di mesjid itu. Sudah dua hari pemuda itu tidak makan. Pada hari ketiga ia merasakan perut yang sangat lapar dan dalam benaknya dia berpikir bahwa dalam kondisi itu memakan bangkai atau mencuri sudah tentu dibolehkan untuk dapat bertahan hidup.

Dia melihat atap mesjid dan dilihatnya dari atap terhubung dengan rumah rumah yang ada di sampingnya. Maka iapun naik ke atap mesjid dan melompat ke beberapa rumah mengendap ke bagian dapur melihat  kemungkinan makanan berada.

Secara kebetulan dia mencium bau masakan dari satu rumah dan rasa laparnya kian menyiksa dirinya. Dalam sekejap dia sudah mencapai rumah dan arah bau masakan terarah pada panci dan dilihatnya beberapa terong yang menggugah selera untuk disantap. tanpa pikir panjang terong itu langsung digigitnya.

Kala menggigit itu dia langsung berucap : A’udzubillah, aku adalah penuntut ilmu dan tinggal dimesjid, pantaskah aku masuk rumah orang dan mencuru barang yang ada didalamnya. Ia merasa telah melakukan kesalahan besar dan iapun menyesal dan mengembalikan terong yang sudah digigitnya itu ketempatnya.

Akhirnya ia pulang kembali ke mesjid dengan rasa lapar yang masih menggelayuti dirinya. Lalu ia masuk ke dalam mesjid dan mendengarkan sheikh yang sedang mengisi pengajian.. Saking laparnya ia tidak sanggup memahami apa yang disampaikan gurunya itu.

Ketika pengajian sudah selesai dan orang orang sudah pulang, datanglah seorang wanita bercadar datang bersama sama lelaki tua berbicara kepada sheikh. Pemuda itu tidak mendengar apa yang dibicarakan mereka. Namun tiba tiba, sheik memanggil pemuda itu dan berkata: Apakah kamu sudah menikah ? Belum jawabnya. Apakah kamu ingin menikah ?  Pemuda itu terdiam, sheikh mengulangi lagi apakah kamu ingin menikah ?. Iya Sheikh, tapi demi Allah, saya tidak punya uang, bagaimana aku menikah.?

Perempuan itu datang membawa khabar bahwa suaminya meninggal dan ia adalah orang asing di kota ini. Dia sudah tidak memiliki siapa siapa lagi kecuali pamannya ini yang sudah tua kata Sheikh sambil menunjuk lelaki tua yang bersama perempuan itu.

Sheikh melanjutkan : Perempuan ini telah diwarisi rumah dan usaha suaminya untuk dilanjutkan dan ia ingin ada yang menikahinya agar ia tidak sendirian dan diganggu orang.  Maukah kau menikah dengannya?.

Ya.. Kemudian sheikh bertanya kepada perempuan itu: Apakah kau mau menerimanya sebagai suami? Ya.  Maka sheikh mendatangkan dua orang saksi dan pamannya itu sebagai wali untuk dilangsungkan akad nikah dan membayarkan mahar untuk pemuda itu.

Selesai menikah, pemuda itu diajak sang istri ke rumahnya. Di rumah itu, si pemuda sadar dan mengingat betul kalau itulah rumah yang sudah dimasukinya.  Namun ia segera melupakannya.

Setelah keduanya masuk kedalam rumah, sang istri membuka cadarnya dan tampaklah ia seorang perempuan yang sangat cantik.  Saat mengagumi wajah sang istri, istrinya berkata : Kau ingin makan ?  Ya jawabnya. Lalu ia membuka tutup panci didapurnya dan ia tertegun mendapati salah satu terongnya sudah digigit seseorang ?. Heran siapa yang memasuki rumah dan menggigit terong ini ?

Pemuda itu tersadar dan menangis, lalu menceritakan kisahnya. Istrinyapun berkomentar : Ini adalah buah dari sifat amanah. kau jaga kehormatanmu dan kau tinggalkan terong yang haram itu. Lalu Allah belikan rumah dan isinya berikut pemiliknya dalam keadaan halal. Barang siapa yang meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka akan Allah ganti dengan yang lebih baik dari itu.

(dari buku Ketawa Sehat bareng para ahli Fiqih karya Khaeron Sirin )

Wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s