Berzakat sebelum panen

Eye Fetch Photography Stormy Wheat Fields by Diane Loft

Ini ada kisah yang menguatkan bahwa zakat dapat dibayarkan sebelum haul, ada keberkahan bila hal ini dilakukan seperti yang dialami petani di bawah ini :

Murad Khan Hasan al Arsanjani pernah bercerita:

Suatu masa , sebagian besar daerah persia terkena hama. Hingga, kabar itu terdengar di telinga Gawwam Al Mulk bahwa seluruh hasil pertanian di daerah Fasa hancur karena dimakan hama.

Lalu, Gawwam berkata: Saya ingin melihatnya sendiri. Kemudian, saya bersama beberapa orang ikut pergi menemani Gawwam dan Bannan Al Mulk. Hingga sampailah kami di ladang milik Gawwam. Kami melihat lahan gandum miliknya telah rusak terkena hama, tak satu pun tangkai yang selamat.

Kami berkeliling ladang, mengamati satu persatu tangkainya dari semua ladang. Sampailah kami disuatu ladang. Disitu ladang gandum masih utuh tak satu tangkaipun dimakan hama. Ladang itu tumbuh dengan baik diantara¬† ladang lain yang sudah rusak dimakan hama. Lalu Gawwam heran dan bertanya. ” Siapa pemilik ladang ini?. Lalu orang itu menjawab : Iya itu milik si fulan, seorang penjahit pakaian di pasar kota Fasa.

Gawwam berkata lagi : Kalau begitu saya ingin bertemu dengannya”.. Gawwam pun meminta saya agar orang itu yang dipanggil menemuinya. Saya kemudian menemui penjahit itu dipasar dan berkata : Gawwam menyuruhku untuk menjemputmu.”

Dia malah berkata : Saya tidak ada urusan dengan Gawwam, suruh saja dia kemari. Sayapun membujuknya dengan berbagai cara, hingga akhirnya dia setuju untuk menemui Gawwam.

Setelah bertemu, Gawwam berkata kepada si penjahit itu, apakah bibit ladangmu ini milikmu dan kamu yang menanamnya?

Dia menjawab :  Ya Benar

Gawwam kembali bertanya’ “Lantas mengapa hama memakan semua gandum di semua ladang sementara ladang gandummu utuh?

Diapun menjawab :” Mengapa heran,Sebelum memanennya, Saya selalu mengeluarkan zakat untuk mereka yang berhak dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan keluargaku. Jadi tidak ada yang tersisa dari hasil panen bagi hama itu .

Wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s