Doa terhindar dari kesesatan, kebodohan dan kezaliman kala keluar rumah

Doa Ketika Keluar Rumah

Kala kita keluar rumah membaca doa “BismiLlaahi tawakkaltu ‘alAllaah, laa hawla wa laa quwwata illaa biLlaah ada baiknya membaca doa tambahan agar diri kita terhindar dari kesesatan dan disesatkan, tergelincir dan digelincirkan, zalim dan dizalimi dan bodoh dan dibodohi dalam melangkah.

Bunyi doanya sebagaimana dituntunkan Rasulullah Saw adalah sebagai berikut :

Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari menjalani jalan yang sesat atau disesatkan orang, dari tergelincir atau digelincirkan orang, dari berlaku zalim atau dizalimi orang atau berlaku bodoh dari orang yang berlaku bodoh kepada diriku.

Doa diatas di abadikan oleh Abu Dawud yang diriwayatkan dari Ummu Salamah yang mengatakan bahwa  Nabi Saw tidak pernah melihat nabi keluar dari rumahnya kecuali dengan menengadahkan pandangannya ke langit dan kemudian membaca doa diatas.

Ada 4 jenis yang dimohonkan perlindungan sesuai isi doa diatas:

1.Kesesatan dan disesatkan

Kesesatan itu bisa muncul karena kita memang tersesat, dan tersesat itu bisa terjadi karena ketidak tahuan. Sedangkan disesatkan adalah karena faktor lain, baik itu faktor dari setan maupun manusia lain. Kita disesatkan juga karena ketidaktahuan. Bisa juga karena sudah tahu, namun karena iman yang lemah maka diri kita mudah disesatkan sehingga tergelincir oleh godaan dan rayuan pihak lain.

2. Tergelincir atau digelincirkan

Hal ini sama dengan yang diatas, dua hal ini mendorong seseorang kearah kejahatan. Tergelincir atau sengaja di gelincirkan orang, layaknya orang yang sudah mengetahui akan kebaikan, namun masih mempunyai potensi untuk terseret maupun diseret kedalam kesesatan.

3. Berlaku zalim atau dizalimi

Sungguh ketika seseorang berlaku zalim, ia berarti telah melakukan suatu perbuatan yang merugikan, baik bagi dirinya sendiri maupun yang di zalimi. Kezaliman bisa berbentuk fisik maupun non fisik. Berbuat ingkar kepada Allah atau tidak melaksanakan perintah Nya adalah bentuk kezaliman. Begitu pula berbuat tidak adil pada sesama makhluk adalah kezaliman. Hanya saja yang pertama sang pelakuk yang rugi, sedangkan yang kedua merugikan kedua beleh pihak.

4. Berlaku bodoh atau di bodohi

Berlaku bodoh atau ada orang yang membodohinya. Karena, perbuatan orang bodoh itu bisa membahayakan dirinya. Sungguh menyakitkan ketika kita dipermainkan orang karena kebodohan kita; sehingga mudah diperdaya, diombang ambingkan dan sebagainya. Kebodohan adalah simbol kelemahan.

Semoga Allah melindungi kita semua dari  hal hal diatas.

Dari buku Doa ajaran Rasul, Anis Masykur)

Wallahu a’lam

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s