745-jenis-orang-kaya

images Dalam kenyataan hidup sering kita jumpai orang zalim tampak semakin mudah mendapatkan rezeki diberi kesehatan dan perbuatan dosa dosanya juga disembunyikan dan tidak adanya hukuman segera bagi orang dzalim seperti yang kita kira karena perbuatannya.

Pertanyaan serupa itu kerap muncul, lalu bagaimana dasarnya mereka masih tetap mendapatkan anugerah dari Allah?

Inilah dasarnya mengapa  orang yang sudah zalim dan ingkar kepada Allah masih diberikan rezeki, kesehatan, tidak ditampakkan dosanya  dan tidak disegerakan sangsi kepadanya.

Dalam kitab Nashaihul Ibad, Saad bin Hilal berkata:

Apabila seorang hamba berbuat dosa, Allah akan tetap memberinya 4 anugerah kepadanya:

  1. Dia tidak terhalang untuk mendapatkan rezeki
  2. Dia tidak terhalang untuk mendapatkan kesehatan
  3. Allah tidak akan menampakkan dosanya semasa hidup didunia
  4. Allah tidak menyegerakan hukumannnya di dunia.

Dari perkataan Saad bin Hilal itu, menjadi  jelas bahwa Allah tidak akan luput perhatiannya dengan orang Zalim itu dan yang dilakukan Allah adalah hanya menangguhkan atas mereka. Terhadap rahmatNya  yang tetap diberikan kepada manusia yang jelas-jelas ingkar, menunjukkan kesabaran Allah atas semua ciptaanNya.

Dalam Islam gambaran orang zalim seperti ini dikenal dengan Istidraj sebagai kesenangan dan nikmat yang Allah berikan kepada orang yang jauh dari-Nya yang sebenarnya itu menjadi azab baginya apakah dia bertobat atau semakin jauh.

Firman Allah: Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak,  (Ibrahim :42)

Wallahu a’lam

Advertisements