Dibalik kemuliaan yang diterima seorang Eril

Meninggalnya seorang Eril ananda dari Gubernur Ridwan Kamil dengan kemuliaan yang didapat dengan banyak orang yang berdoa kepadanya lalu jasad yang utuh dan dikatakan wangi itu meski 14 hari tenggelam disungai Aare Swiss telah membuat pertanyaan amalan apa yang almarhum lakukan sehingga dimuliakan Allah serupa itu.
Dalam kesehariannya Eril adalah sosok yang tawadhu tidak muncul meski disaat era sosmed yang luar biasa saat ini tentu mudah baginya buat masyur apalagi statusnya sebagai anak gubernur.
Amalan yang tersembunyi yang kontinue dilakukan terkuak ternyata almarhum suka kala malam hari membagikan makanan bagi kaum papa. Dalam melakukan kegiatannya Eril lebih suka tinggal di rumah asli orang tuanya tidak di rumah dinas yang dipenuhi banyak fasilitas. Diketahui juga Dia aktif dalam kelompok Jaber Zilenial yang mengajak kawula muda aktif secara sosial membantu sesama, Dia suka dibelakang layar tidak mau menonjolkan diri dan tidak sekalipun mau tampil berbicara soal kebaikan dirinya dalam beberapa event.
Sedekah sembunyi yang dilakukan Eril ini sdh banyak dikupas dalam hadis dan suka dilakukan oleh orang saleh untuk menjaga amalan menjadi sangai bernilai dimata Allah.
Betapa dahsyatnya amalan tersembunyi di kisahkan seperti dalam suatu riwayat disebutkan atas pertanyaan kepada Nabi SAW : adakah makhluk Allah yang melebihi gunung sekeras besi sepanas api sedingin air dan sekuat angin maka dijawab makhluk Allah yang hebat dari semuanya adalah orang yang tangan kanannya mengedepankan sesuatu dengan bersembunyi dari tangan kirinya (HR Tirmidzi)
Nabi bersabda juga pernah bersabda bahwa pada suatu hari nanti di akhirat nanti ada satu golongan melayang layang laksana burung di atas pagar pagar surga. Pemandangan serupa itu menimbulkan pertanyaan para penjaga surga dan dijawab oleh mereka bahwa kami golongan yang terkena hijab dan tidak melintasi shirat dan dulunya sewaktu di dunia suka beramal dan taat beribadah kepada Allah dengan penuh rahasia jauh dari Riya (nashaihul ibad)

Apakah ini jawaban untuk melihat fenomena Eril yang luar biasa

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.