Keutamaan Al Fatihah dalam Al Quran

alfatihah-2

Firman Allah : Dan sungguh Kami telah menurunkan tujuh ayat yang berulang-ulang dalam Al Quran yang agung (Al Hijr : 87).

Tujuh ayat yang berulang-ulang itu tiada lain adalah surat Al Fatihah. Al Fatihah adalah Ummul kitab atau induknya kitab dan surat ini adalah penting dan istimewa sesuai Sabda Nabi Saw :

Tidak pernah Allah menurunkan didalam taurat dan Injil seperti Ummul Quran (al Fatihah) (HR Hibban).

Begitu juga riwayat dari Said al Ma’alli ra berkata : Ya Rasul engkau tadi berkata nanti kuajarkan sebuah surat dalam Al Quran yang sangat agung, beliau menjawab :

“Baiklah Alhamdulillahirabbilalamin. itulah 7 ayat yang di ulang-ulang turun dua kali dan itulah Al Quranul Adziem yang diturunkan kepadaku.

Al Fatihah sebagai surat pertama dalam Al Quran ternyata bukanlah wahyu pertama. Wahyu pertama adalah Al Alaq sebagai surat 96 dengan 19 ayat dalam al Quran. Dimasukkannya Al Fatihah mengawali surat dalam Al Quran adalah terkait keutamaannya sebagai Ummul Kitab.

Namun demikian Al Fatihah memiliki kedudukan yang penting sesuai nama sebutannya yaitu

  • pertama,  sebagai Ummul Kitab yaitu induk dari semua ayat2 al Quran,
  • kedua, Al Sab’ al matsani tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang,
  • ketiga,  Al Shalat karena dibaca pada setiap rakaat shalat,
  • ke empat Al Hamid sebagai pujian kepada Allah.

Al Fatihah sebagai induk semua kitab (ummul kitab) adalah terkait proses panjang turunnya wahyu kepada setiap nabi dan kaumnya. Diawali dengan zaman shuhuf yang turun sebanyak 100 shuhuf dari Nabi adam As hingga Ibrahim As, masuk zaman peralihan dari shuhuf menjadi kitab pada masa Nabi Ibrahim As hingga Nabi Musa As (shuhufi ibrahima wa musa).

Zaman Kitab yaitu Musa As dengan Tauratnya, Nabi Daud As dengan Zabur, Nabi Isa As dengan Injil dan Nabi Muhammad saw dengan Al Quran. Zaman shuhuf dan zaman peralihan terhimpun dalam 4 kitab, sedangkan 3 kitab kemudian terhimpun dalam Al Quran dengan 30 juznya.

Dan 30 juz dalam Al Quran itu semuanya terhimpun dalam al fatihah. Bila dilanjutkan lagi Al fatihah dihimpun dalam bismillah.  itulah isyarat mengapa Al fatihah disebut sebagai Ummul Kitab.

Hadis yang menguatkan Al fatihah sebagai ummul kitab sebagimana sabda Nabi :

Demi Allah yang jiwaku di tanganNya bahwa Allah tidak menurunkan surat dalam Taurat, zabur, injil dan al furqan, suatu surat yang menyamai al Fatihah. Ia sebagai ummul Quran, induk atau ibu Al Quran dan 7 ayatnya berisi pujian yang selalu harus diulang-ulang dan Al Quran al Adziem (H R Ahmad dan Attarmidzi).

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s