Keutamaan surat Al Bayyinah (Lam Yakun)

AL-BAYYINAH 1-5

Dari Imam Qurthubi menjelaskan bahwa Al Bayyinah yang sering disebut surat Lam Yakun adalah surat ke 98 dan berisi 8 ayat, memiliki beberapa keutamaan.

1, Manfaat besar bila dapatĀ  mengajarkannya

Salah satu keutamaannya bahwa surat ini memiliki manfaat yang besar jikalau mau mengajarkannya sebagaimana riwayat Al Qadhi Abu Bakar bin Arabi berkata: Ishak bin Basyar al Kahili al Kufi meriwayatkan dari Malik bin Anas dari Yahya bian Sa’id dari Ibnu Musayyab dari Abu Darda dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda :

Seandainya saja umat manusia mengetahui apa yang ada didalam Lam Yakunilladzina kafaru niscaya mereka akan mengabaikan keluarga dan hartanya demi mengajarkannya.

Namun imam Qurthubi menyebutnya hadist bathil

2. Sunah belajar Al Quran kepada orang yang memiliki keutamaan dan tawadhu bagi yg memiliki keutamaan itu dalam mengajarkan Al Quran

Hadist lain menyebutkan sebagaimana hadist shahih yang diriwayatkan oleh Anas bahwa Nabi Saw bersabda kepada Ubay:

Sesungguhnya Allah memerintahkan kepadaku agar membaca untukmu: Lam Yakunilladzi kafaru. ” Ubay bertanya : Allah menyebutkan aku padamu? Beliau menjawab : Ya, Lalu Ubay menangis (HR Mutafaqalaihi)

Imam Qurthubi menjelaskan sesuai maksud hadist yang diriwayatkan Bukhari, Muslim dan lainnya itu, bahwa didalamnya ada pemahaman : “Bacaan orang alim kepada orang yang belajar”.

3. Sebagian dari mereka berkata: “Sesungguhnya pembacaan Nabi Saw dihadapan Ubay adalah untuk mengajarkan tawadhu kepada manusia agar seseorang tidak memandang rendah kepada orang yang belajar dan membaca Al Quran.

Karena dikatakan : “Sesungguhnya Ubay lebih cepat melafalkan daripada Rasulullah Saw, lalu Rasulullah Saw ingin agar Ubay mengambil lafal beliau, membaca sebagaimana ia mendengar dari beliau dan mengajarkannya kepada orang lain.

Didalamnya juga terdapat keutamaan yang besar bagi Ubay karena Rasulullah Saw diperintahkan untuk membacakan surat tersebut untuknya.

Wallahu a’lam

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.