al-quran-1366x768

Pada awalnya saya suka bingung mengenai penamaan Al Quran dengan sebutan Al Quranul Karim, Al Quranul Hakim dan Al Quranul Majid.

Hal ini tampak dikala saya mengamati  edisi cetakan terdahulu Al Quran yang kerap saya jumpai dimana pada cover awal dihiasi logo kaligrafi yang terbaca al Quranul Karim dan pada cover penutup tertulis kaligrafi Al Quranul Hakim.

Setelah saya tanyakan pada ahlinya bahwa penamaan Al Quran ini adalah merujuk pada tingkatannya yaitu:

  • Al Quranul Hakim yang berujud kitab secara fisik berupa bacaan dan tulisan dan yang sering di baca dengan 114 surat dengan 6236 ayat .
  • Sedangkan Al Quranul Hakim adalah yang menjadi cerminan dari apa yang tersurat atau ayat ayat Hikmah atas kejadian manusia, makhluk dan segala ciptaanNya yang ada dilangit dan di Bumi terutama untuk ayat-ayat yang berupa¬† kisah-kisah, hikayat dan perumpamaan agar manusia dapat mengambil pelajaran (itibar).
  • Al Quranul Majid adalah Al Quran yang tersimpan di Arasy atau di Lauhil Mahfudz yang mensyiratkan bahwa Al-Quran akan selalu terjaga keasliannya sampai kapanpun.

Firman Allah: Dan sesungguhnya Al Quran dalam induk kitab (Lauh Mahfudz) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah (Az Zukhruf:4)

Wallahu a’lam

Advertisements