Membangun sikap tertib dan disiplin sesuai tuntunan Nabi Saw

cara ibadah haji

Rasulullah Saw adalah adalah contoh manusia yang paling tertib sehingga selalu lancar semua urusannya.

Tuntunan hidup seorang mukmin sebagaimana diajarkan Rasulullah Saw telah sedemikian  lengkap dan detail seperti:

  • dikala makan agar tidak boleh terlalu kenyang harus disisakan sebagian untuk makanan, air dan udara, tidak berlebihan,
  • makan menggunakan tiga jari tidak semua jari agar tidak terkesan rakus,
  • adab memakai sepatu yang mendahului yang kanan dari yang kiri,
  • adab dan posisi tidur yang baik,

semuanya telah  diajarkan Nabi Saw agar umatnya dapat tertib dalam hidup.

Dalam sunnah Nabi Saw diajarkan agar umatnya dapat melaksanakan ibadah dengan tertib. Ada korelasi yang jelas bahwa tertibnya ibadah itu, bila dilakukan dengan baik dapat membantu seseorang untuk tertib dalam kehidupan dan urusannya. Dengan kata lain, hikmahnya tertib dalam ibadah akan tercermin pula bagi seorang mukmin yang akan  selalu tertib dalam urusannya.

Tertib juga telah diajarkan Allah melalui tertibnya alam,  yakni teraturnya siang malam, teraturnya benda langit pada garis edarnya, teraturnya musim berganti dan sebagainya. Namun demikian, Sebagai seorang mukmin disamping mematuhi tertibnya sesuatu Itu sebagai ketetapan atau sunatullah maka wajib pula dalam beramal mengetahui :

  • bagaimana ilmuNya,
  • hukumNya dan
  • yang lebih penting. semuanya diletakkan diatas ridhoNya sebagai wujud kemutlakan Qudrat dan Iradat (kekuasaan dan kehendak ) Allah.

Dalam hal tertib, secara sederhana digolongkan pada 3 hal yaitu: Tertib terkait waktu, tertib terkait tempat dan tertib terkait objek yang dihadapi.

Tertib waktu

Tertib waktu terlihat pada tertibnya dalam melaksanakan waktu shalat, waktu buka dan sahur dalam berpuasa, dan kapan terbaik mengeluarkan zakat. Waktu-waktu terbaik  untuk shalat dan berdoa juga pada sepertiga malam terakhir.

Sabda Nabi ; Rabb kita yang maha tinggi turun kelangit dunia pada sepertiga malam terakhir. Ia berfirman: ” Siapa yang memohon kepadaKu maka aku kabulkan baginya siapa yang meminta padaKu maka Aku akan memberinya, siapa yang memohon ampunan maka aku mengampuninya” (H.R Bukhari).

Bulan terbaik beribadah adalah bulan Ramadhan yang mempunyai pengaruh dari orang yang jarang beribadah, kemesjid untuk shalat berjamaah menjadi rajin di bulan itu.

Tertib Tempat

Tertib tempat, agar mukmin menyukai tempat ibadah, tempat majelis ilmu dan menjauhi tempat maksiat. Rumah Allah juga diyakini sebagai tempat yang memberikan rasa aman, tenang  dan nyaman dalam seorang mukmin beribadah. Tempat yang jelek lawannya mesjid adalah pasar.

Nabi bersabda: Tidak dianjurkan untuk bepergian kecuali ke tiga mesjid, Masjid Al Haram, Masjid Rasul SAW dan Masjid Al-Aqso (H.R. Bukhari).

Selain Masjid, rumah dan tempat kita bekerja dan bersekolah dapat menjadi tempat yang baik bila dengannya digunakan sebagai lahan kita untuk beribadah.

Tertib Objek

Tertib terkait objek menyangkut 2 objek yaitu objek yang hidup maupun objek yang mati. Kepada objek yang hidup seperti manusia akan melahirkan ahlaq, sopan santun. Tertib kapada objek seperti seorang suami kepada istri atau keluarga juga melahirkan sikap saling menyayangi dan menghormati.

Firman Allah : Dan diantara tanda-tanda kekuasanNya ialah Dia menciptakan istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir (Arrum: 21).

Sementara dengan objek yang mati seperti harta akan selalu diliputi sikap ke hati-hatian terhadap harta yang dicari dan akan mengusahakan harta yang halal lagi berkah untuk keselamatan diri dan keluarganya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s