Kisah seorang pemuda yang dimabuk cinta kepada Allah

cinta-allah

Pada suatu hari Nabi Isa As berjalan dan melihat seorang pemuda yang tengah menyiram kebunnya. Pemuda itu mengetahui Nabi Isa yang datang dan berkata: Wahai Nabi Isa As, tolong mintakan kepada Tuhanmu agar dia memberikan rasa cinta meski hanya sebesar semut gula.”(sering disebut semut pudak yang sangat kecil, menyukai yang manis-manis)

“Wahai saudaraku, engkau niscaya  tidak akan kuat meski cinta itu hanya sebesar semut gula”. Seru Nabi Isa As  Mengingatkan. Pemuda itu tidak menyerah dan berkata: Wahai Isa As, kalau aku tidak kuat maka mintakan untukku separuhnya saja.  Melihat kesungguhan pemuda itu, Nabi Isa tidak kuasa menolak dan segera berdoa: “Ya Tuhanku, berikan dia kecintaan kepadamu setengah dari  semut gula”.

Setelah nabi Isa As bedoa, maka beliaupun berlalu. Selang beberapa hari Nabi Isa As datang lagi ingin menjumpai pemuda itu, namun sama sekali tidak ditemukannya. Lalu Nabi Isa As bertanya kepada orang sekitarnya dan dikatakan bahwa pemuda itu sudah menjadi  gila dan kini mengasingkan diri dan berada diatas gunung.

Nabi Isa As pun memohon kepada Allah: Wahai Tuhanku, tunjukkanlah kepadaku dimana pemuda itu. Selesai berdoa, Nabi Isa As dapat melihat pemuda itu yang berada diantara gunung-gunung dan sedang duduk diatas batu besar, matanya tiada berkedip memandang ke langit.

Nabi Isapun menghampiri pemuda itu dengan memberi salam, tetapi pemuda iu tidak menjawab salam Nabi Isa As. Lalu nabi berkata: “Aku ini Nabi Isa As”.

Kemudian Allah menurunkan wahyu: “Wahai Isa, bagaimana ia dapat mendengar suara manusia, sedang didalam hatinya telah aku semayamkan rasa cintaKu  meski sangat kecil setengah semut gula. Demi keagungan dan kemuliaanKu, meskipun engkau memotongnya dengan pisau sekalipun, dia tidak akan merasakannya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s