40Menuntu-Ilmu

Dalam kitab Tazkiyatun Nafs, (Dr Anas Ahmad) diuraikan perkataan Muadz bin Jabal Ra mengenai keutamaan ilmu yang bermanfaat sebagai berikut :

  1. Pelajarilah ilmu, karena belajar ilmu bermanfaat adalah wujud rasa takut kepadaNya
  2. Mencarinya adalah ibadah
  3. Mengulang ilmu itu adalah tasbih
  4. Menuntutnya adalah jihad
  5. Mengajarkan ilmu bagi yang tidak tahu adalah sedekah
  6. Mengarahkan keluarga untuk menuntut ilmu adalah pendekatanmu kepada Allah.
  7. Ilmu berisi rambu-rambu halal dan haram, dan mercusuar bagi penduduk surga, menyambung tali silaturahim
  8. Ia adalah penenang dalam kegundahan, sahabat dalam keterasingan, teman bicara dalam kesendirian, petunjuk dalam suka dan duka, senjata untuk menghadapi musuh, penghias dikalangan teman-teman.
  9. Dengannya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dan menjadikan mereka sebagai panglima dan pemimpin terbaik. Pengaruh-pengaruh mereka menjadi legenda, perbuatan mereka diteladani serta pandangan mereka diikuti
  10. Para malaikat mencintai mereka dan melindungi dengan sayap-sayap mereka. Semua yang basah dan kering, hewan-hewan dilaut dan didarat, serta hewan-hewan ternak memohonkan ampun bagi mereka.
  11. Ilmu menghidupkan hati dari kebodohan dan pelita-pelita penerang dari setiap kegelapan. Orang-orang yang berbahagai akan mereguknya dan orang yang celaka akan menolaknya.
  12. Memikirkan suatu ilmu setara dengan puasa, mempelajarinya setara dengan bangun malam (qiyamul lail), karena ia adalah pemimpin amal dan amal mengikutinya.

Wallahu a’lam

Advertisements