Memahami bid’ah dan taqlid

ulama-saudi-arabia-mendukung-jamaah-tabligh

Secara sederhana,  Bid’ah adalah mengikuti hal yang tidak ada tuntunannya atau tidak dilakukan nabi saw, sementara Taqlid adalah mengikuti ulama atau orang-orang berilmu berikut ajarannya.

Orang yang menyebut Bidah dan Taqlid menyukai kehati-hatian dan kemurnian ajaran Islam, sehingga dasar ajaran Islam adalah hanya hal sesuai tuntunan nabi saw. Karenanya kelompok ini sangat selektif dalam menentukan hadist masuk yang kategori benar (shahih)  atau palsu (dhoif) dan tidak menyukai kelompoknya untuk mengikuti ulama atau Mazhab karena kekuatiran adanya pengkultusan sehingga menyekutukan Allah.

Sementara kelompok yang dituduh Bidah dan Taklid adalah didasarkan pada kesadaran bahwa Ilmu Allah sangatlah luas dan tidak mungkin manusia dapat memahami sepenuhnya Islam hanya dari Al Quran dan Hadist saja.

Karenanya masih diperlukan perantara untuk lebih menjelaskan Al Quran dan Hadist dari orang-orang berilmu seperti para wali, aulia, arif Billah  (makrifat), alim ulama dan Mazhab-mazhab melalui  kitab-kitabnya yang intinya memudahkan seseorang untuk mempelajari Islam secara benar.

Kelompok ini mengikuti ulama atau orang berilmu karena mereka memang telah diberi kelebihan dan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT terkait kadar keilmuannya.

Perbedaan persepsi ini acap menimbulkan perpecahan dan kebingungan dikalangan Umat Islam sendiri. Karena itu jalan terbaik adalah utamakan ukhuwah/persaudaraan  dengan menghindari perpecahan.  Dari keduanya dapat diambil jalan tengah untuk dikembalikan pada niat untuk mencari keridhoan Allah SWT.

Kebenaran hanya milik Allah bukan pada kelompok atau orang dalam kelompok itu . Semua itu juga berpulang pada diri dan hati kita masing-masing untuk terus menumbuhkan sikap tawadhu/ rendah hati agar kebenaran dapat masuk dari siapa saja,  sepanjang ilmu yang diberikan dapat mempertebal iman kepada Allah SWT  dan memberi kesejukan dihati.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s