Cemas dan gundah: arti dan cara mengatasinya

anxiety

Cemas atau gundah adalah suatu penyakit hati yang sangat berbahaya, namun kerap diabaikan  oleh kebanyakan manusia. Dengan cemas dan gundah seseorang itu diuji oleh Allah apakah tetap iman dan tawakalnya seorang hamba kepada Allah.

Padahal sudah jelas bagi hambanya yang beriman Allah telah memberikan jaminan dan ketenangan bagi hamba yang selalu mengingatNya:

Firman Allah : Yaitu orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan  mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingati Allahlah hati menjadi tentram

Tingkat cemas dan gundah setiap manusia berbeda-beda setara dengan tingkat iman dan kefasiqannya. Cara-cara manusia menghilangkan cemas dan gundahpun beraneka ragam ada yang melepaskannya dengan mengikuti kesenangan dengan memperturutkan ajakan setan, namun cara ini temporal kala usai  cemas dan gundahnya semakin berlipat.

Sementara orang yang beriman akan dilepaskan dengan cara-cara yang sesuai dan tidak melanggar syareat. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi cemas dan gundah:

1. Sabar

Ini yang pertama dituntunkan Nabi Saw dikala cemas dan gundah melanda. Karena dengan kesabaran seseorang lebih bisa menghadapi persoalan seberat apapun.

Firman Allah : Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar (Al Baqarah : 153)

Sabar menenangkan dan menstabilkan hati . Cemas dan gundah adalah ujian dan dengan sabarlah seseorang berkesempatan  meningkatkan kadar imannya. Dirinya yakin masalah yang menjadi pangkal cemas dan gundah itu akan diberikan Allah sesuai kadar kemampuan dirinya.

2. Iman dan Amal Shaleh

Cemas dan gundah dapat diatasi dengan iman dan amal shaleh sesuai Firman Allah :

Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki dan perempuan dalam keadaan beriman, maka Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang lebih baik dan akan Kami berikan balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (An Nahl : 97)

3. Meyakini bahwa  Cemas dan gundah sebagai penghapus dosa

Banyak Cemas dan gundah adalah suatu yang yang menyedihkan dan menjadi beban pikiran bagi seseorang dalam menerimanya. Nabi Saw bersabda:

Tidakkah seorang muslim ditimpa musibah kesusahan, kesulitan, kesedihan dan penyakit, hingga duri yang menusuknya, kecuali Allah menghapus dosanya (HR Bukhari)

4. Mengenal hakekat kehidupan dunia

Seorang mukmin sadar bahwa kehidupan dunia adalah fana dan didalamnya memang tempat segala kesulitan bila seseorang terjerat didalamnya.

Sabda Nabi Saw : Dunia adalah penjara bagi seorang mukmin dan surga bagi orang kafir (HR Muslim)

Kesadaran ini menjauhkan seorang mukmin untuk tidak larut pada hal-hal keduniaan yang menjadi pangkal cemas dan gundahnya.

5. Bertawakal kepada Allah

Cara mengatasi cemas dan gundah adalah kembali dan menyerahkan perkara itu kepada Allah. Dikala seseorang dihadapkan kepada masalah, sesegera itulah dia akan mengadukan dan mencurahkan hati yang menjadi beban dirinya kepada Allah.

Dirinya sadar bahwa semua yang terjadi adalah dalam lingkup qudrat iradatNya dan semua terjadi tidak sia-sia dan selalu dengan izin Allah.

(disarikan dari buletin dawah DDI , 3 April 2015)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s