Makna Iman dapat turun naik

iman

Sabda Nabi : Iman itu kadang naik kadang turun, maka perbaharuilah iman kalian dengan La Ilaha IllaLlah (H.R. Hibban).

Iman itu memang  dapat bertambah dan berkurang. Berikut ini ulasan mengenai bagaimana iman itu dapat bertambah dan berkurang sebagai berikut:

Cara menjaga dan bertambahnya Iman

untuk bertambah beberapa hal dapat dilakukan yaitu :

  • Mempelajari ilmu agama, syareat, membaca Al Quran dan kisah-kisah dan teladan Rasululullah dengan tujuan untuk memahami kebesaran dan keagungan nama-nama dan sifat-sifatNya.
  • Merenungkan nama-nama dan sifat-sifatNya melalui tanda-tanda kekuasanNya, baik didalam diri maupun apa dan kejadian yang ada di langit, bumi dan seisinya.
  • Melaksanakan segala perintah dan larangannya
  • Melaksanakan ibadah

Cara menghindari berkurangnya iman

Sebaliknya iman juga dapat berkurang dan dalam melihat itu ada 2 faktor  yaitu :

1. Faktor dari dalam (internal)

Faktor internal, karena kebodohan dan kemalasan (tidak taat) dalam memahami nama-nama dan sifat-sifatNya, berpaling dan adanya keragu-raguan atas ayat-ayat Allah, meninggalkan ketaatan dan memperturutkan hawa nafsu untuk melakukan maksiat.

Dalam kitab Al lulu wal Marjan bahwa  bahwa berkurangnya iman bergantung kepada 2 hal yaitu, pertama karena laku maksiat dan yang kedua karena berkurangnya ketaatan.

Berkurangnya iman karena maksiat

suatu hadist disebutkan bahwa iman dapat berkurang karena laku maksiat dan lepasnya adalah ketika maksiat dilakukan.

Abu hurairah Ra berkata : Nabi Saw bersabda: Tidak akan berzina seorang pelacur di waktu berzina jika ia sedang beriman. Tidak akan minum khamer, diwaktu minum jika ia sedang beriman. Dan tidak akan mencuri, diwaktu mencuri jika ia sedang beriman. Dilain riwayat : Dan tidak akan terampas rampasan yang berharga sehingga orang-orang membelalakkan mata kepadanya, ketika merampas jika ia sedang beriman (HR Bukhari Muslim)

Berkurangnya iman karena berkurangnya ketaatan

Abu said Al Khudri Ra berkata: Rasulullah saw, keluar ke Mushala untuk shalat idul fitri dan adha, maka ia berjalan ke bagian wanita dan bersabda: Wahai kaum wanita bersedekahlah kalian sebab aku melihat kalian bagian terbanyak dalam neraka. Mereka bertanya: Mengapakah ya Rasulullah? Jawab Nabi Saw: Karena banyak mengomel dan melupakan kebaikan suami, tidak pernah aku melihat orang yang kurang akal dan agama dapat menawan hati lelaki yang pandai selain kamu.

Mereka bertanya: Apakah kekurangan agama dan akal kami ya Rasulullah? Sabda Nabi Saw: Tidakkah persaksian wanita separuh dari persaksian laki-laki? jawan mereka : Benar. Sabda Nabi Saw: Itulah tanda kekurangan akalnya. Tidakkah di waktu haidh seorang wanita tidak shalat dan puasa? jawab mereka: benar, maka sabda Nabi Saw: Itu dari kekurangan agamanya. (Bukhari, Muslim)

2. Faktor godaan dari luar (Eksternal)

Faktor Eksternal ini sangat jelas yaitu berupa godaan atau tipu daya terhadap dunia yang melenakan dan dari golongan pengganggu manusia setan Iblis dan Jin yang menguji manusia lewat tahta, harta dan wanita.

Dalam kaitan 2 faktor diatas, maka yang perlu dilakukan seorang hamba adalah menjaganya dan terus memperbaharui iman dengan segala perbuatan yang menambah iman itu bukan dengan mengurangkannya. Dengan kata lain iman bertambah dengan banyaknya laku ketaatan yang dilakukan sebagai cerminan keteguhan iman dan iman dapat terkikis dan berkurang karena laku maksiat karena kezaliamn diri dan mudahnya diri terkena tipu daya musuh.

Oleh sebab itu perlu diri mempertahankan kestabilan keimanannya, karena seseorang tidak ada yang tahu kapan menemui ajal, sehingga doa harus terus dipanjatkan agar bagaimana seorang hamba dapat menemui ajal dalam keadaah khusnul khotimah bukan su’ul khotimah.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s