Kedahsyatan Dzikir Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir

Allah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya,

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. ” (QS. Ali ‘Imron: 173)

Doa yang berada di akhir surat tersebut Hasbunallah wa nikmal wakil adalah doa yang pernah dibaca Nabi Ibrahim AS saat beliau dibakar oleh kaumnya. Nabi Ibrahim membaca doa diatas, karena pasrah dan yakinnya kepada Allah. Karena tiada yang bisa dimintai pertolongan selain Allah.

Dalam cerita itu, maka kasih sayang Allah  turun kepadanya. Lalu Allah berfirman :

Jadilah kau wahai api, dingin dan menyelamatkan

Itu berarti apa yang sebenarnya tidak diminta oleh Ibrahim malah Allah memberikan cuma cuma yang terbaik baginya.

Sedangkan menurut Al Nawawi, doa diatas dibaca saat berperang menghadapi musuh.

Dalam riwayat lain At Tirmudzi juga menyampaikan bahwa menjelang datangnya hari kiamat, umat manusia akan kebingungan karena kehilangan pegangan. Saat itu sangkakala tinggal ditiup saja, maka terjadilah kiamat. Langit runtuh, gunung gunung meletus bagaikan anai anai, bumi diputar balikan dan sebagainya.

Sahabat yang mendengarkan keterangan Nabi Saw tersebut merasa berat dan ngeri, kemudian menanyakan apa yang seharusnya dilakukan saat itu, Nabi menjawab,

Ucapkanlah doa ini, sebab hanya Allahlah yang pantas dimintai pertolongan.

Dalam riwayat Abu Hurairah Nabi Saw bersabda: Jika kamu sedang menghadapi permasalahan besar, ucapkanlah doa ini (HR Ibnu Mardwaih).

(Dari buku Doa ajaran Rasul Anis Masykur)

Wallahu a’lam

 

 

Advertisements