Sifat Qonaah: arti, ciri dan manfaatnya

sifat-qanaah

Arti qanaa’ah

Qonaah artinya adalah merasa ridha dan cukup dengan pembagian rizki yang Allah Ta’ala berikan. Lawan qonaah adalah sifat tamak / serakah.

Sifat qana’ah adalah salah satu ciri yang menunjukkan kesempurnaan iman, karena sifat ini menunjukkan keridhaan orang yang memilikinya terhadap segala ketentuan dan takdir Allah, termasuk dalam hal pembagian rizki.

Nabi Saw bersabda, “Akan merasakan kemanisan (kesempurnaan) iman, orang yang ridha kepada Allah Ta’ala sebagai Rabb-nya dan islam sebagai agamanya serta (nabi) Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rasulnya”

Ciri orang Qonaah

Orang yang dikarunia sifat qonaah adalah orang yang beruntung dan kaya terkait dengan limpahan kebaikan dan karunia Allah kepadanya walaupun harta yang dimilikinya sedikit.

Firman Allah “Dan Dia menjumpaimu dalam keadaan tidak memiliki sesuatu apapun, kemudian Dia memberi kekayaan (kecukupan) kepadamu” (Adh-Dhuha: 8).

Dengan sifatnya tidak cinta harta akan mengantar dirinya terjaga dari dosa dan mengantarkan dirinya pada kemuliaan. Sebaliknya seseorang yang tamak atau serakah akan mengantar dirinya pada kehinaan.

Karena serakah akan menghilangkan akal dan rasa malu didalam diri sehingga hina dihadapan orang lain.

Nabi Saw bersabda: “Beruntunglah orang yang memasrahkan diri, dilimpahi rezeki yang sekedar mencukupi dan diberi kepuasan oleh Allah terhadap apa yang diberikan kepadanya.” (HR Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad) dan

Sabda Nabi Saw : “Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Allah berikan kepadanya”

Orang yang qonaah bukan berarti tanpa ikhtiar, namun sebaliknya sebagai suatu sikap kemandirian (iffah) tidak bergantung kepada orang lain, pantang meminta-minta, selalu merasa cukup dengan apa yang didapatkannya, jiwanya selalu tenang, sikapnya zuhud tidak begitu gandrung dunia, tinggi tobat dan penyesalannya.

Manfaatnya

Orang Qonaah sudah pasti akan selalu bersyukur dengan apa yang didapat dan diusahakannya dan Allah suka kepada orang yang qonaah dengan memberinya rezeki yang lebih dan ilmu yang tiada terbatas. Dalam qonaah tiada berarti sebagai orang yang miskin, namun orang kaya dapat disebut Qonaah asal dapat terus bertakwa kepada Allah.

Sabda Nabi Saw : “Wahai Abu Hurairah, jadilah orang yang wara’ niscaya dirimu akan menjadi hamba yang paling taat. Jadilah orang yang qana’ah, niscaya dirimu akan menjadi hamba yang paling bersyukur”

Qonaah adalah salah satu sebaik-baik amal shaleh dan sangat disukai Allah.

Firman Allah : Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Annahl : 97)

Wallahu ‘alam

2 thoughts on “Sifat Qonaah: arti, ciri dan manfaatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s